Sabtu, 29 September 2012

SOFTWARE



Berikut ini merupakan beberapa macam jenis software :
a.       MS-DOS
MS-DOS adalah sistem operasi yang bekerja dengan mode teks (text mode). digunakan untuk menjalakan wordstar, lotus, turbo pascal dan lain-lain yang dirancang untuk MS-DOS. MS-DOS biasa disingkat dengan DOS saja dan disimpan di dalam disket . sedangkan sistem operasi windows disimpan dlam CD_ROM dan DVD , dan harus di install ke dalam komputer, (HARD DISK ) agar dapat digunakan ,install ini juga berfungsi untuk menyesuaikan program dengan komponen-komponen yang trpasang pada komputer kita, MS-DOS  biasa di singkat dengan DOS saja.
b.      Linux
Linux adalah sebuah sistem operasi yang dikembangkan oleh Linus Benedict Torvalds dari Universitas Helsinki Finlandia sebagai proyek hobi mulai tahun 1991. Ia menulis Linux, sebuah kernel untuk prosesor 80386, prosesor 32-bit pertama dalam kumpulan CPU Intel yang cocok untuk PC. Baru pada tanggal 14 Maret 1994 versi 1.0 mulai diluncurkan, dan hal ini menjadi tonggak sejarah Linux.
Linux merupakan clone dari UNIX yang telah di- port ke beragam platform, antara lain: Intel 80×86, AlphaAXP, MIPS, Sparch, Power PC, dsb. Sekitar 95% kode sumber kernel sama untuk semua platform perangkat keras.
Linux termasuk sistem operasi yang didistribusikan secara open source, artinya kode sumber Linux diikutsertakan sehingga dapat dipelajari dan dikembangkan dengan mudah. Selain itu Linux dikembangkan oleh GNU (General Public License). Linux dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti: jaringan, pengembangan software, dan sebagai end-user platform. Selama ini Linux menjadi sistem operasi yang menjadi banyak perhatian karena kecanggihan dan harganya yang relatif murah dibanding dengan sistem operasi yang lain. Macam-macam distribusi Linux antara lain: Stackware, Debian, RedHat, S.u.s.e., Caldera, dan Turbo Linux. Macam-macam distribusi Linux ini akan dibahas lebih mendalam pada “Distro”.
Istilah Linux atau GNU/Linux (GNU) juga digunakan sebagai rujukan kepada keseluruhan distro Linux (Linux distribution), yang didalamnya selalu disertakan program-program lain yang mendukung sistem operasi ini. Contoh program-program tersebut adalah Web Server, Bahasa Pemrograman, Basis Data, Tampilan Desktop (Desktop Environment) (seperti GNOME dan KDE), dan aplikasi/ software perkantoran (office suite) seperti OpenOffice.org, KOffice, Abiword, Gnumeric, dan lainnya. Distro Linux telah mengalami pertumbuhan yang pesat dari segi popularitas, sehingga lebih populer dari versi UNIX yang menganut sistem lisensi dan berbayar (proprietary) maupun versi UNIX bebas lain yang pada awalnya menandingi dominasi Microsoft Windows dalam beberapa sisi.

c.       UNIX
Unix adalah satu dari banyak sistem yang menentukan prilaku sebuah komputer. Unix adalah sistem operasi yang memungkinkan sebuah komputer dipakai sekaligus oleh banyak orang (multiuser). Unix menyediakan beberapa peralatan untuk menyelesaikan berbagai masalah, serta untuk berkomunikasi. Unix dapat ditemui di hampir semua jenis komputer. Meskipun terdapat banyak variasinya, pola kerjanya bisa dikatakan serupa. Ini salah satu alasan mengapa Unix begitu popular. Yang paling penting untuk diketahui adalah, komputer hanya melakukan apa yang 'diajarkan' (baca: diprogram) padanya. Ia tidak dapat melakukan improvisasi. Jadi, ketika kita bekerja dengan sebuah komputer, sebenarnya kita tidak berinteraksi dengannya, melainkan dengan orang yang memprogram komputer tersebut.
Kita sedang berinteraksi dengan orang yang mengkonstruksi Unix, karena setiap baris yang kita baca, setiap reaksi yang kita dapat, setiap 'alat' yang kita pakai adalah hasil karya mereka yang terlibat dalam pengembangan program tadi.
Unix begitu populer di sebabkan oleh karakter mereka yang terlibat pada pengembangannya : sangat cerdas, kreatif dan lucu. Coba baca berbagai dokumentasi tentang Unix, kita akan menemui lelucon di sana sini. Unix sudah sedemikian rumit dan sulit, tanpa bahasa yang 'tinggi' pun kita tahu, kita sedang berurusan dengan 'sesuatu yang serius'. Kesederhanaan ini, menurut kami, malah menunjukkan kecerdasan mereka. Mereka berhasil menerangkan ilmu 'langit' dalam bahasa bumi. Dan tidak terjebak dengan gaya bahasa 'wah', sebagaimana sering dijumpai terutama di dunia ketiga, di kalangan mereka yang lebih mengutamakan kulit ketimbang isi, membuat yang sederhana menjadi rumit, bertentangan dengan semangat keilmuan.
Biasanya sistem - sistem Unix dihubungkan dengan menggunakan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Ini adalah sebuah protokol (metode) yang dipergunakan luas untuk menghubungkan berbagai jenis komputer. 
Unix menggunakan dua media utama untuk menghubungkan suatu  sistem Komputer, yaitu :
1. Ethernet. Melalui kabel koaksial dengan kecepatan 10 Mbits perdetik.
2. Slip. Serial line internet protocol : hubungan melalui saluran telepon atau saluran
tetap (dedicate line) ppp (point to point protocol : pengembangan dari slip).
Jenis Akses Pemakaian Untuk dapat mengakses file/direktori, sistem UNIX membaginya dalam 3 kelompok :
a. Owner (user) : pemakai
b. Group : kelompok dari user
c. Other : pemakai lain di luar group

d.      FreeBSD
FreeBSD adalah sebuah sistem operasi bertipe Unix bebas yang diturunkan dari UNIX AT&T lewat cabang Berkeley Software Distribution (BSD) yaitu sistem operasi 386BSD dan 4.4BSD. FreeBSD berjalan di atas sistem Intel x86 (IA-32) (termasuk Microsoft Xbox[1], DEC Alpha, Sun UltraSPARC, IA-64, AMD64, PowerPC dan arsitektur NEC PC-98. Dukungan untuk arsitektur ARM dan MIPS sedang dalam pengembangan.
e.       OS/2
Sistem Operasi OS/2 ini dibuat secara bersama-sama oleh International Bussiness Machine Corporation dan Microsoft Corporation, untuk digunakan pada komputer IBM sebagai pengganti Sistem Operasi DOS. Kata OS/2 adalah singkatan dari Operating System/2, Sistem Operasi ini didesain agar dapat menggunakan kemampuan penuh dari Mikroprosessor Intel 80286 , termasuk diantaranya adalah Modus terproteksi (Protected Mode), mampu menjalankan tugas secara Simultan, serta mendukung Memori Virtual, dengan tetap mempertahankan kompatibilitas dengan banyak perangkat lunak MS-DOS yang beredar saat itu.
f.       Macintosh
Macintosh, atau disingkat Mac, adalah salah satu jenis komputer personal berbasis Power PC yang diproduksi oleh Apple. Komputer ini dinamakan berdasarkan McIntosh. Jenis apel yang disukai JefRaskin. Macintosh diperkenalkan pertama kali pada bulan Januari 1984 lewat iklan Super Bowl yang fenomenal. Macintosh adalah komputer pertama yang memperkenalkan sistem antarmuka grafis (GUI). Pada waktu itu, langkah yang dilakukan Apple adalah sebuah perkembangan revolusioner dalam dunia komputer personal.

http://www.tkj1bisa.com/2011/04/pengertian-os-operating-system.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar