Rabu, 07 Mei 2014

Penjelasan Package Import pada Java



1.      Import java.io.*;
Import java.io.*; merupakan singkatan dari Input Output. Input melibatkan masukan data dari peralatan input, sedangkan output akan menampilkan data kepada pengguna. Java mendukung mekanisme input output di dalam package java.io dan java.nio. Kelas-kelas Java IO berdasarkan suatu hirarki kelas. Kelas dasar memiliki fungsi umum. Sedangkan kelas-kelas di bawahnya atau subkelas menambahkan fungsi yang lebih khusus. Java.io mempunyai 2 kategori utama yaitu kelas untuk menangani sistem file dan kelas untuk membaca dan menulis stream data. Kategori yang kedua terbagi lagi menjadi kelas untuk menangani byte stream dan kelas untuk menangani character stream.
2.      Import java.util.Date.*;
Import java.util.Date.*; digunakan untuk menginputkan data.
3.      Import java.awt.*;
Untuk memanggil library yang ada di awt agar dapat digunakan dalam pembuatan program.
4.      Import javax.swing.*;
Paket ini berisi kelas-kelas dan interface untuk komponen GUI swing java yang menyediakan dukungan untuk komponen grafis yang portable.
5.      Import javax.swing.event.*;
Paket ini berisi kelas-kelas dan interfaces yang memperbolehkan penanganan event untuk komponen grafis yang berada di paket javax.swing.
6.      Import java.lang.*;
Paket ini berisi kelas-kelas dan interfaces yang diperlukan oleh banyak program java. Paket ini di import oleh kompiler kesemua program java secara otomatis.
7.      Import java.applet.*;
Peket ini berisi kelas-kelas Applet dan beberapa interfaces yang memperbolehkan interaksi applet dan browser serta memainkan klip audio. Kelas javax.swingJApplet digunakan untuk menetapkan applet yang digunakan GUI swing.
8.      Import java.text.*;
Paket ini berisi kelas-kelas dan interfaces yang memperbolehkan program java untuk memanipulasi angka, tanggal, karakter dan juga string.
9.      Import java.net.*;
Paket ini berisi kelas yang memperbolehkan program berkomunikasi melewati jaringan.



Sumber :
Termasmedia, 29 Mei 2013. Pengertian Fungsi Dan Kegunaan Paket Package di Java. (Online, diakses tanggal 01 Juni 2013. 
http://blog.fastncheap.com/search/fungsi-penggunaan-import-pada-java

3 komentar: